Kamis, 03 Januari 2013

Perpustakaan "CERIA"


                 Perpustakaan Ssekolah merupakan bagian penting dari komponen pendidikan yang tidak dapat dipisahkan keberadaannya dari lingkungan sekolah. Sebagai salah satu sarana pendidikan Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai penunjang kegiatan belajar siswa, membantu siswa dan guru dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Pentingnya Perpustakaan Sekolah dapat dilihat dalam UU NO.2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa setiap satuan pendidikan jalur pendidikan sekolah yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun masyarakat luas harus menyediakan sumber belajar. Pada penjelasan UU NO. 2 Tahun 1989 juga dinyatakan bahwa pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik apabila para tenaga kependidikan maupun para peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar yang bersangkutan. Salah satu sumber belajar yang amat penting, tetapi bukan satu-satunya adalah
perpustakaan.
         Akhir-akhir ini perhatian masyarakat terhadap perpustakaan menunjukkan adanya peningkatan yang berarti. Perpustakaan Sekolah pun tidak luput dari perhatian para pengelolanya, tidak ada sebuah sekolah pun yang tidak memiliki perpustakaan. Sebab perpustakaan sekolah diibaratkan sebagai jantungnya dari sekolah yang bersangkutan.
Perpustakaan dalam segala bentuk dan jenisnya merupakan institusi yang bersifat ilmiah, informative, dan edukatif. Segala aktivitas di dalamnya selalu mengandung nilai dan unsur pembelajaran, penelitian, pengembangan, ilmu pengetahuan, dan hal-hal yang berorientasi pada pencerahan dan pengayaan wawasan penggunanya. Tak heran jika perpustakaan sering disebut sebagai pusat pembelajaran dan agen budaya.
Berangkat dari paparan pengantar di atas itulah Perpustakaan SD N Pakel Yogyakarta berupaya untuk selalu meningkatkan peran dan pelayanannya kepada seluruh anggotanya sehingga mampu menjadi agen perubahan sesuai Visi dan Misi yaitu untuk mewujudkan generasi yang Berprestasi dan cerdas, terampil berakhlak mulia..

Fungsi Perpustakaan :
1. Fungsi Pendidikan
Fungsi pendidikan maksudnya bahwa fasilitas, koleksi, serta sarana yang ada di perpustakaan sekolah digunakan untuk kepentingan belajar dan pengembangan kemampuan intelektual siswa.
2. Fungsi Informasi
Fungsi informasi yang dimaksudkan bahwasanya semua koleksi yang ada di perpustakaan sekolah berisi informasi yang bersifat memberitahu akan hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan siswa dan guru.
3. Fungsi Rekreasi
Fungsi rekreasi dimaksudkan bahwa perpustakaan merupakan tempat rekreasi bagi anggotanya. Fungsi ini ditunjukkan dengan adanya koleksi yang bersifat ringan untuk dibaca seperti majalah,surat kabar, buku-buku fiksi yang semua itu berfungsi untuk menghibur.
4. Fungsi Penelitian
Fungsi penelitian maskudnya bahwa koleksi perpustakaan sekolah bisa dijadikan bahan untuk membantu dilakukannya kegiatan penelitian sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar